Saya belajar …

Posted: Juli 11, 2011 in Motivasi, Puitis

Saya belajar

Bahwa saya tidak bisa memaksa orang lain untuk mencintai saya

Saya hanya dapat melakukan sesuatu untuk orang yang saya cintai

Saya belajar

Bahwa butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun sebuah kepercayaan

Dan hanya beberapa detik saja untuk menghancurkannya

Saya belajar

Bahwa sahabat terbaik bersama saya dapat melakukan banyak hal

Dan kami selalu memiliki waktu terbaik

Saya belajar

Bahwa orang yang saya kira adalah orang yang jahat

Justru adalah orang yang membangkitkan semangat hidup saya kembali

Serta orang yang begitu perhatian kepada saya

Saya belajar

Bahwa persahabatan sejati senantiasa bertumbuh

Walau dipisahkan oleh jarak yang jauh

Beberapa di antaranya bahkan melahirkan cinta sejati

Saya belajar

Bahwa jika seseorang tidak menunjukkan perhatian seperti yang saya inginkan

Bukan berarti ia tidak mencintai saya

Saya belajar

Bahwa sebaik-baik pasangan itu

Mereka pasti pernah melukai perasaan saya

Dan untuk itu saya harus memaafkannya

Saya belajar

Bahwa saya harus belajar mengampuni diri sendiri dan orang lain

Kalau tidak mau dikuasai oleh perasaan bersalah terus menerus

Saya belajar

Bahwa lingkungan mempengaruhi pribadi saya

Tapi saya harus bertanggung jawab untuk apa yang telah saya lakukan

Saya belajar

Bahwa dua manusia dapat melihat sebuah benda

Tapi terkadang dari sudut pandang yang berbeda

Saya belajar

Bahwa orang-orang yang saya kasihi

Justru sering diambil segera dari kehidupan saya

Saya belajar

Bahwa tidak ada yang instan atau serba cepat di dunia ini

Semua membutuhkan proses dan pertumbuhan

Kecuali saya ingin sakit hati

Saya belajar

Bahwa saya harus memilih apakah menguasai sikap dan emosi

Atau sikap dan emosi itu yang menguasai diri saya

Saya belajar

Bahwa saya punya hak untuk marah

Namun bukan berarti saya harus benci, dendam, atau berlaku bengis

Saya belajar

Bahwa kata-kata manis tanpa tindakan

Adalah saat berpisah dengan orang yang saya cintai

Saya belajar

Bahwa tidaklah penting apa yang saya miliki

Tapi yang penting adalah siapa saya ini sebenarnya

 

 

Tinggalkan Balasan

